Menetapkan Kapan dan Memperjelas Semuanya

Sebelumnya simak dulu yang satu ini:

  • Katakanlah Anda seorang kakak yang mempunyai yang mempunyai seorang adik yang sedang kuliah. Kalau adik Anda tidak berani menyebutkan kapan kuliahnya bakal kelar, berarti ia tidak serius dengan kuliahnya.
  • Kalau Anda tidak berani meyebutkan kapan Anda akan berangkat ke tanah Suci berarti Anda...
  • Di atas segalanya, jika Anda memiliki impian, jika Anda serius ingin mewujudkannya, maka salah satu syaratnya adalah Anda harus menetapkan kapan itu akan terjadi. kan saya belum mampu..kan saya masih begini dan begitu...ok tetapkan saja lha tidak dipungut bayaran ini. Gratis. Semakin jelas semakin baik.
  • Saya ulangi semakin jelas semakin baik. Misalnya:
  • Seseorang berkata, “saya ingin omzet naik!” Benar itu terjadi tapi Cuma naik 5.000. halah kekecilan Mas!
  • Kemudian ia berkata lagi, “saya ingin omzet naik menjadi 50 juta” benar terjadi tapi naiknya 20 tahun kemudian. Halah.. kelamaan bung!
  • Mestinya ia berkata, “Saya ingin omzet naik menjadi Rp 50 juta mulai bulan Juli tahun 2016”. Jadi jelas berapanya, jadi jelas kapannya.
  • Coba ke travel agent dan bilang: “Saya pesan tiket, ya..” Apa yang didapatkan: Tidak Ada. Berbeda kalau Anda bilang: Saya pesan tiket untuk kapan kemana jam berapa ke kota mana kelas apa dan seterusnya. Begitulan semakin jelas semakin baik.